PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173314 NAGASARIBU KEC. LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Tampubolon, Nurlina Magdalena (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173314 NAGASARIBU KEC. LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173314 Nagasaribu, jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
pembelajaran Kooperatif Student Teams Acievement Division (STAD) dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model
pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 173314
Nagasaribu.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173314 Nagasaribu
dengan jumlah siswa 20 terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah
dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang
diperoleh siswa sebanyak 49,75 dari 20 siswa. Dimana 4 siswa (20%)
memperoleh ketuntasan dan 16 siswa (80%) yang belum tuntas. Pada siklus I ratarata
kelas siswa meningkat menjadi 65,00 dimana 11 siswa (55%) memperoleh
ketuntasan, 9 siswa (45%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa
71,42% kategori nilai baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata nilai siswa
meningkat menjadi 78,00 dimana 19 (95%) siswa memperoleh ketuntasan, 1
siswa (5%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 95% kategori
penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal
yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 243
Uncontrolled Keywords: Medel Pembelajaran; IPA; STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:04
Last Modified: 17 Nov 2016 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21544

Actions (login required)

View Item
View Item