UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 173469 BANUAREA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Marbun, Rina Derita (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 173469 BANUAREA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD Negeri 173469 Banuarea. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173469 Banuarea Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 orang terdiri dari 9 orang perempuan dan 3 orang laki-laki dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang masingmasing pertemuan 40 menit. Dari hasil observasi siklus I pertemuan I dengan rata-rata 58,75. Sedangkan pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 68,33, berarti ada peningkatan motivasi belajar. Dari hasil observasi yang dilakukan menunjukkan pada siklus I analisis pencapaian yang diperoleh siswa memang sudah meningkat, namun belum mencapai rata-rata yang diharapkan, yang berarti masih dalam kategori kurang baik. Pada siklus II, data hasil observasi siswa dan guru mengalami peningkatan menjadi baik. Analisis yang diperoleh bahwa data hasil observasi siklus II pertemuan I dengan rata-rata 74, 58, dan siklus II pertemuan II 80,41, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus III. Hal ini berarti pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan wujud benda di kelas IV SDNegeri 173469 Banuarea. Dan pembelajaran konstruktivisme dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Sains terkhusus pada pokok bahasan wujud benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: SK-2016 PGSD 251
Keywords: Motivasi; Sains; Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item View Item