PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANGKA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Jainab, (2004) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANGKA ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
025020147 - Kata Pangantar.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020147 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020147 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020147 -Bab I.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020147 - bab V.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025020147 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis angka anak yang diajar dengan strategi pembelajaran audio visual dan konvensional, perbedaan kemampuan menulis angka akibat perbedaan kreativitas serta interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis angka. Tingkat kreativitas anak dibedakan atas kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina J1. Kartini Kabanjahe pada semester ke-2 tahun pelajaran 2003/2004.Penelitian dilakukan dengan rancangan eksperimen Anava Faktorial 2 x 2 dengan Jumlah populasi 43 orang serta yang ikut sebagai sampel sebanyak 31 orang. Untuk mendapatkan sampel penelitian dilakukan tes kreativitas dalam bentuk tipe figural yang dilakukan oleh Lembaga Psikologi Universitas Medan Area. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5% dan apabila terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis angka dilanjutkan dengan uji scheffe.Pengujian hipotesis dengan menggunakan Anava 2 x 2 tnenunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis angka anak TK yang signifikan antara anak yang diajar dengan strategi pembelajaran audio visual dan strategi pembelajaran konvensional (Fhitung = 251, 433 > Ftabel = 4,21). Ada perbedaan kemampuan menulis angka anak yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah (Fhitung = 5,765 > Ftabel = 4,21). Serta ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis angka anak Taman Kanak-kanak (TK) (Fhitung= 53,180 > Ftabel = 4,21). Dengan uji scheffe diperoleh kesimpulan bahwa anak yang memiliki kreativitas tinggi memiliki kemampuan menulis angka lebih balk yang diajar dengan strategi pembelajaran audio visual daripada yang diajar dengan strategi konvensional. Serta anak yang memiliki kreativitas rendah memiliki kemampuan yang lebih balk bila diajar dengan strategi pembelajaran konvensional daripada diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran audio visual.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121000
Call Number: 371.335 Jai p
Keywords: Audio Video; Kemampuan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item