PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Karo-karo, Demmu (2004) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 015020058 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
015020058 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 015020058 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
015020058 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 015020058 -Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
015020058 -Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of 015020058 - Bab I.pdf]
Preview
Text
015020058 - Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015020058 - Bab V.pdf]
Preview
Text
015020058 - Bab V.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of 015020058 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
015020058 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat pembelajaran yang lebih baik antara Pembelajaran Menggunakan Media Gratis (PMMG) dengan Pembelajaran Menggunakan Media Transparansi (PMMT) dan hasil belajar yang lebih tinggi antara mahasiswa yang memiliki Kecerdasan Emosional Rendah (KER) dengan Kecerdasan Emosional Tinggi (KE1 ).Metode yang dipergunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi adalah mahasiswa PGSD FIP Universitas Negeri Medan semester III tahun akademik 2003/2004 Sampel berjumlah 73 mahasiswa diambil berdasarkan teknik pengambilan sampel kelompok secara acak. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar IPA dan tes kecerdasan emosional. Tes hash! belajar IPA berbentuk pilihan berganda berjumlah 43 butir soal digunakan untuk mengukur pencapaian hash! belajar IPA. Tes kecerdasan emosional digunakan Test Edward lersonal Preference Schedule oleh BKBP Unimed untuk mengetahui kelompok mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah.Teknik anal isis data menggunakan anava untuk jumlah set scrag= atau samadilanjutkan dengan uji Tuckey pada tare signifikansi 5%. Pengujian hipotesismenunjukkan bahwa : (1) hasil belajar IPA mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan media transparansi lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan media grafts; (2) hasil belajar IPA mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi daripada mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah; dan (3) terdapat interaksi antara pernbelajaran menggunakan media pembelajaran dengan kecerdasan emosional dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Kar p
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Media; Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item
View Item