MENINGKATKAN BERPIKIR ILMIAH SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SINAMO PAKPAK BHARAT

Sitakar, Hendra (2016) MENINGKATKAN BERPIKIR ILMIAH SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SINAMO PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 114522314011 COVER.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 114522314011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 114522314011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 114522314011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 114522314011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 114522314011 TABLES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 114522314011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 114522314011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 114522314011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 114522314011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 114522314011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sinamo Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat, jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Inkuiri, dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode Inkuiri dapat meningkatkan Berfikir Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri Sinamo Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sinamo, Kecamata Tinada Kabupaten Pakpak Bharatdengan jumlah siswa 17 orang terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan berfikir ilmiah siswa dimana pada siklus I tingkat berfikir ilmiah siswa 44.1% dari seluruh indikator dan siklus II persentase berfikir ilmiah siswa menjadi 76.4% dari seluruh indikator. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa berfikir ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Syamsul197605132000121001
Call Number: SK-2016 PGSD 229
Keywords: Berfikir Ilmiah; Metode Inkuiri; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 06:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item