HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI SE-KOTA MEDAN

Nurasyah (2005) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 025020117 - Bab I.pdf]
Preview
Text
025020117 - Bab I.pdf - Published Version

Download (31MB) | Preview
[thumbnail of 025020117 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
025020117 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 025020117 -Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
025020117 -Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 025020117 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
025020117 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 025020117 - Bab V.pdf]
Preview
Text
025020117 - Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 025020117 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
025020117 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap matematika dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap matematika dijaring dengan angket, sedangkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dijaring melalui tes objektif. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah : (1) terdapat hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika, (2) terdapat hubungan persepsi siswa terhadap matematika dengan hasil belajar matematika, (3) terdapat hubungan kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap matematika dengan hash belajar matematika.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan jenis penelitian korelasional untuk melihat hubungan antar variabel penelitian. Teknik analisis data adalah analisis regresi dan korelasi multiple dengan uji persyaratan normalitas dan linieritas regresi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri se kota Medan pada siswa kelas II semester II TP 2004/2005. Populasi penelitian seluruh siswa kelas II SMP Negeri se kota Medan, dengan sampel berjurnlah 114 orang yang diambil secara stratifield propotional random sampling.Ketiga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Pada hipotesis pertama koefisien korelasi ryi = 0,42 pada taraf signifikan a = 0,05 dan koefisien determinasi r24.3 = 0,17, hal ini menunjukkan bahwa 17% variasi hasil belajar matematika ditentukan oleh kepercayaan diri, melalui persamaan regresi Y= 9,36 + 0,41 X1. Hipotesis kedua koefisien korelasi ry2 = 0,65 pada taraf signifikan a = 0,05 dan koefisien determinasi r2 — 0,43, hal ini menunjukkan bahwa 43% variasi hasil belajar rnatematika,, ditentukan oleh persepsi siswa terhadap matematika, melalui persamaan regresi Y= -1,41 + 0,86 X2. Pada hipotesis ketiga harga ry12 = 0,85 pada taraf signifikan a = 0,05 dan nilai koefisien determinasi T2y12 = 0,72 yang berarti hash belajar matematika sebesar 72% ditentukan oleh variabel kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap matematika dengan persamaan regresi multipel — -18,56 + 0,21 X1 + 0,76 X2. Berdaiarkan basil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap matematika dengan hasil belajar matematika clari siswa SMP Negeri se kota Medan, berada pada kategori baik, dengan kesimpulan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dan persepsi siswa terhadap matematika dengan hash belajar matematika secara sendiri maupm-i bersama-sama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu masukan yang bermanfaat baik bagi guru maupun siswa SMP Negeri se kota Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.8 Nur h
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri; Persepsi Siswa; Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 Mar 2024 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item
View Item