HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KATOLIK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Purba, Jelita (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KATOLIK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123113008 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123113008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123113008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123113008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123113008 DAFTAR ISIAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123113008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123113008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123113008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123113008 BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123113008 BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123113008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri anak di TK Katolik Assisi Medan. Konsep diri yang merupakan suatu bentuk atau kemampuan anak dalam melakukan interaksi sosial, seperti bergaul dengan orang lain, menyatakan pendapan, tampil di depan orang banyak, dll. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak usia 5 6 tahun di TK Katolik Assisi Medan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 anak. Pengumpulan data pola asuh orang tua dan konsep diri anak dilakukan melalui angket. Tehnik analisis data menggunakan statistic korelasi Product Moment dan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pola asuh orang tua cenderung menerapkan pola asuh permissif sebesar 45%, pola asuh demokratis 40%, pola asuh otoriter 15% dan konsep diri anak tergolong sedang sebesar 60%. Dari hasil perhitungan dengan r tabel dengan signifikansi 0,05 adalah 0,312, data untuk pola asuh otoriter rhitung diperoleh sebesar 0,343 maka rxy > rtabel (0,343 > 0,312). Untuk pola asuh permissif koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,356 maka rxy > rtabel (0,356 > 0,312). Untuk pola asuh demokratis 0,413, maka rhitung > rtabel (3,413 > 0,312) dari perhitungan diperoleh bahwa hasil rhitung > rtabel, hal ini menunjukkan adanya hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan konsep diri anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Assisi Medan. Terhadap uji-t dari perhitungan untuk harga t-tabel dengan dk= 40-2 = 38 ttabel = 2,024. Untuk pola asuh otoriter maka nilai thitung = 2,392. Yaitu 2,392 > 2,024. Untuk pola asuh permissig maka nilai thitung = 2,348. Yaitu 2,348 > 2,024. Untuk pola asuh demokratis maka nilai thitung = 2,79, yaitu 2,792 > 2,024. Sehingga Ha diterima yaitu ada “hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua baik otoriter, permissive dan demokratis dengan konsep diri anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Assisi Medan Tahun Ajaran 2015/2016”. Semakin baik pola asuh yang diberikan orang tua maka semakin baik pula konsep diri anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Jasper195710151985111001
Call Number: SK-2016 PAUD 054
Keywords: Konsep Diri; Pola Asuh Oragntua; Demokratis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2016 08:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item View Item