PENGGUNAAN METODE BERCERITA DI KELAS B TK MANDIRI BATANG SERANGAN KABUPATEN LANGKAT

Matondang, Jefry Prananda (2016) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DI KELAS B TK MANDIRI BATANG SERANGAN KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.1103171013 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 1103171013 LEMBAR PERSETUJUAN_PENGESAHAN_PERAIKAN.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 1103171013 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.1103171013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 1103171013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 1103171013UCAPAN TERIMA KASIH.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.1103171013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.1103171013 BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.1103171013 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.110317101DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode bercerita dikelompok B TK Mandiri, sebelum guru terlibat bercerita anak kurang baik, hasil setelah guru terlibat bercerita anak menjadi lebih baik, seperti bahasa anak mejadi lebih jelas dan anak pun menjadi lebih bijak dan pintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode bercerita dikelompok B Di TK Mandiri Batang Serangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori metode bercerita oleh Moeslichatoen (2004),” yang menegaskan bahwa metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan”. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriftip kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang ada di kelompok B TK Mandiri Kecamatan Batang Serangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sekaligus kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok B TK Mandiri Batang Serangan Kabupaten Langkat. Kemampuan dalam bercerita yang meningkat meliputi menyimak, berbicara dan membaca kata. Ini terlihat dengan anak-anak yang sudah mudah diajak berkomunikasi menyampaikan pendapatnya dan mampu menerima bahasa. Dengan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan persentase kemampuan bercerita anak dari pertemuan pertama kepertemuan kedua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasriah, 195712271984032003
Call Number: SK-2016 PLS 030
Keywords: Metode Bercerita; Pengembangan Bahasa; TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Nov 2016 02:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item View Item