PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII-4 DI SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Sihombing, Farahdina T (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII-4 DI SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123151016 COVER.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123151016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123151016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123151016 KATA-PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123151016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123151016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123151016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123151016 BAB I.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123151016 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123151016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki perilaku prososial yang rendah berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul data dilakukan melalui wawancara tidak berstruktur dengan guru BK dan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 51,8 dan rata-rata post-test sebesar 67,7. Hasil uji wilcoxon menunjukkan T(0) < T0,05(8). dengan demikian berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Hal ini diperkuat dengan nilai Zhitung < Ztabel, yaitu -2,803 < -1,96, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan perilaku prososial siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasrun, 195705141984031001
Call Number: SK-2016 BK 054
Keywords: Prilaku Prososial;Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 06:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item