MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN AJARAN 2015/2016

Harahap, Ummi kalsum (2016) MENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123151039 COVER.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123151039 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123151039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123151039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123151039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123151039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123151039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123151039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123151039 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123151039 BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123151039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah : ” Meningkatkan sikap empati siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola Tahun Ajaran 2015/2016 melalui layanan bimbingan kelompok teknik problem solving” Dalam penelitian ini diajukan hipotesis yakni “Sikap empati dapat meningkat melalui bimbingan kelompok teknik problem solving di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK), dengan menerapkan suatu tindakan nyata yaitu bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Dengan melakukan 3 siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola sebanyak 24 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-A SMP Negeri 1 Batang Angkola yang sikap empatinya kurang atau sangat rendah sebanyak 10 orang. Data penelitian diambil dengan melakukan observasi dan melalui angket. Sedangkan data yang sudah diperoleh dianalisis dengan analisis regresi sederhana ditambah analisis korelasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan analisis data diketahui bahwa berdasarkan tabel keaktifan siswa dan perhatian siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok dari sepuluh responden umumnya rendah, baru ada peningkatan pada siklus 2 dan ketiga. Pada siklus 2 keaktifan dan perhatian siswa mulai meningkat 12,5% dari siklus I. Pada siklus ke 3 responden dalam mengikuti bimbingan kelompok dikategorikan sangat aktif dan sangat perhatian walaupun belum maksimum (90%), dengan arti kata perhatian sudah mulai aktif dan tinggi karena ada peningkatan 17,5% dari siklus 1. Sesuai analisis data diketahui bahwa nilai F hitung = 13,581. Bila dibandingkan dengan nilai F tabel dengan sampel 10 diketahui F-tabel = 4,56, ternyata nilai F-hitung lebih besar dari nilai F-tabel = 4,58 (13,581 ≥ 4,58). Hal ini menggambarkan bahwa ada pengatuh positif bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap peningkatan sikap empati siswa maka hipotesis diterima kebenarannya. Besar pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan sikap empati siswa sebesar 6,29%. Dengan demikian dapat disebutkan bahwa apabila bimbingan kelompok teknik problem solving dilakukan semakin baik maka sikap empati siswa akan semakin baik atau meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, M.Rajab196001121985031005
Call Number: SK-2016 BK 071
Keywords: Teknik Problem Solving;; Bimbingan Kelompok; Empati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21381

Actions (login required)

View Item View Item