PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENGURANGI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SMA N 11 MEDAN T.A. 2015/2016

Lubis, Anggi Muharman (2016) PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENGURANGI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SMA N 11 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1103151003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk mengurangi kesulitan belajar matematika di SMA N 11 Medan TA. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mengurangi kesulitan belajar matematika di SMA N 11 Medan TA. 2015/2016 Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa yang berjumlah 30 orang sehingga diketahui 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket mengurangi kesulitan belajar matematika sebanyak 35 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable. Dari hasil analisis diperoleh data Pre-Test rata-rata = 80% termasuk kategori sedang dan 20% termasuk kategori tinggi, dan rata-rata Post-Test =10% termasuk kategori rendah dan 90% sedang. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji wilcoxon yang memperoleh hasil hitung J = 0 sedangkan harga tabel J = 8, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mengurangi kesulitan belajar matematika di SMA N 11 Medan Ta. 2015/2016. pada taraf nyata  = 0,05. Hal ini terlihat dari hitung J < tabel J (0 < 8).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986012001
Call Number: SK-2016 BK 076
Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Diskusi; Kesulitan Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item