MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Khairani, Nurjannah (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah “Apakah melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016?”.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui angket keterampilan sosial untuk menjaring data tentang keterampilan sosial siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabelitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis angket sebelum diberikan tindakan, diketahui bahwa dari 326 orang siswa diperoleh 10 orang siswa yang bermasalah dalam keterampilan sosial melalui teknik sampling purposive. 10 orang siswa tersebut 4 memperoleh skor dengan kriteria cukup dan 6 orang siswa memiliki kriteria kurang, sehingga pra siklus diperoleh rata-rata 0%. Dari hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan diketahui 4 orang siswa yang mengalami peningkatan keterampilan sosial, sehingga persentase keberhasilan memperoleh 40%. Pada siklus II terjadi peningkatan pada keterampilan sosial siswa yaitu 80% karena diperoleh 8 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 2 orang yang dikategorikan sedang, namun tingkat keberhasilan layanan sudah mencapai target yakni di atas 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelas VII di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNuraini, 195906201986092001
Call Number: SK-2016 BK 067
Keywords: Keterampilan Sosial; Bimbingan Kelompok;Teknik Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21378

Actions (login required)

View Item View Item