PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Dewi, Sari Mala (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim 1123351021 Cover.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 1123351021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 1123351021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 1123351021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim 1123351021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 1123351021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 1123351021 DAFTAR GAMABAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 1123351021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Nim 1123351021 BAB 1.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 1123351021 BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Nim 1123351021 DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Siswa yang masih duduk di bangku SMA adalah siswa pada usia remaja, antara usia 15 – 17 tahun. Remaja adalah masa peralihan dari masa kanak – kanak yang penuh ketergantungan menuju masa pembentukan bertanggung jawab. Perubahan yang terjadi di masa remaja akan mempengaruhi perilaku individu. Pada masa remaja inilah siswa harus mampu enyesuaian diri dengan baik untuk melangkah karena aspek penyesuaian diri ini merupakan aspek yang sangat berpengaruh dalam setiap proses belajarnya siswa, baik dalam belajar di kelas, di rumah atau di manapun. Adapun tujuan dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui gambaran kondisi penyesuian diri siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam sebelum siswa mendapat layanan bimbingan kelompok; (2) Untuk mengetahui gambaran kondisi penyesuaian diri siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam setelah siswa mendapatkan layanan bimbingan kelompok; (3) Untuk mengetahui apakah penyesuian diri meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini yang menjadi sample adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang berjumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling atau pengambilan sampel dengan pertimbangan terlebih tertentu pada sekelompok onjek yang didasarkan pada ciri – ciri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala penyesuaia diri. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan di peroleh nilai Jhitung = 0 dengan α = 0,05 dan n = 10, maka berdasarkan daftar tabel, Jtabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung < Jtabel , maka hipotesis Ho ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan, sehingga penyesuaian diri meningkat sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik role playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, M.Rajab196001121985031005
Call Number: SK-2016 BK 070
Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Role Playing; Penyesuian Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21366

Actions (login required)

View Item View Item