PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR STRATEGI SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2015/2016

Siregar, Muhammad Arif (2016) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR STRATEGI SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENGINGAT PADA SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123351016 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123351016 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123351016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123351016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123351016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123351016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123351016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123351016 BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 1123351016 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123351016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh bimbingan belajar strategi SQ3R terhadap kemampuan mengingat pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar strategi SQ3R terhadap kemampuan mengingat pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 5 orang siswa yang mempunyai kemampuan mengingat yang rendah. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kemampuan mengingat siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan belajar strategi SQ3R. teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa pelaksaan bimbingan belajar strategi SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan mengingat kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan uji wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Zhitung = -2,0226 dengan Ztabel = -1,96, dari data tersebut terlihat Zhitung lebih kecil Ztabel, maka Hipotesis Ho artinya ada perbedaan di antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, kemampuan mengingat siswa meningkat sesudah mengikuti bimbingan belajar strategi SQ3R pada siswa SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2015/2016, dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: SK-2016 BK 028
Keywords: kemampuan Mengingat; Pengertian Bimbingan; Bimbingan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21350

Actions (login required)

View Item View Item