PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGGI FISIKA SISWA

Nasution, Sari Wahyuni Rozi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGGI FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 Cover thesis.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 BAB I REVISI Baru.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. SARI WAHYUNI ROZI NASUTION NIM. 8146176017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dan pembelajaran direct instruction, dan mengetahui apakah ada perbedaan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas yang rendah ,serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan tingkat kreativitas dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Baharuddin Padangsidimpuan tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class.Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan kelas kontrol diajarkan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kognitif tinggi fisika dan angket kreativitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa, kognitif tinggi fisika siswa pada kelompok siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas yang rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Nurdin196406291993031001
Thesis advisorGinting, Eva Marlina196704221997022001
Call Number: 530.071 2 Nas p
Keywords: Model pembelajaran; Inquiry terbimbing; Direct instruction; Kreativitas; Hasil belajar kognitif tinggi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item