STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KECAMATAN LABUHAN DELI

Khairuddin W., (2005) STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN KECAMATAN LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
025030152- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025030152- Abstrak.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025030152- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
025030152- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
025030152- Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
025030152- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kecamatan Labuhan Deli. Untuk mengetahui strategi itu, pendekatan yang dipakai menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan, seperti yang ditawarkan oleh Nasution (1988:129-130), diawali dengan direduksi data, display data dan diakhiri dengan kesimpulan dan verisifikasi.Temuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Pertama, sumber daya manusia (SDM) pendidikan memiliki kesiapan dan kemampuan untuk melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah. Hal ini ditandai dengan pola pelaksanaannya yang serentak dan merata di sekolah sesuai dengan tingkat pemahaman mereka terhadap Manajemen Berbasis Sekolah. Disamping itu, walaupun Manajemen Berbasis Sekolah hanya sebatas anjuran dan bukannya bersifat kebijakan mutlak, namun lingkungan persekolahan melaksanakannya sesuai dengan kemampuan mereka dalam memahami prinsip dan konsep-konsep dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Pelaksanaan ini terjadi karena adanya dorongan yang kuat dari satuan atasan yang memberikan penjelasan mengenai beberapa hal seperti; (1) perubahan paradigma manajemen sekolah, (2) keunggulan dari penerapannya, (3) sekolah dan kepala sekolah memiliki otonomi yang lebih luas, dan (4) mendorong kepentingan sekolah yang kuat untuk menghadapi tuntutan masyarakat yang semakin besar.Kedua, pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Kekuatan yang dimiliki adalah karena telah memiliki visi, misi dan nilai dalam penyelenggaraan pendidikan. Kelemahan yang terdapat adalah: (1) MBS masih hanya sebatas anjuran, (2) kontrol masyarakat belum memadai, (3) komite sekolah belum utuh merealisir tugas pokoknya. Sedangkan peluang yang dimilikinya adalah: (1) adanya otonomi pendidikan untuk sekolah, (2)munculnya isu demokratisasi pendidikan, (3) terdorongnya kepala sekolah lebih agresif dalam memimpin sekolah, (4) masyarakat memiliki akses ke sekolah-sekolah, (5) bergesernya pandangan masyarakat dari pendidikan berbiaya murah ke berbiaya tinggi. Adapun tantangan yang dihadapi adalah: (1) desentralisasi pendidikan, (2) otonomi sekolah, (3) otonomi kepala sekolah, (4) pembiayaan pendidikan, (5) berorientasi pada mutu.Ketiga; strategi implementasi MBS dilakukan melalui: (1) pemberian otonomi sekolah, (2) meningkatkan partisipasi aktif masyarakat, (3) mendorong kepemimpinan kepala sekolah yang kuat, (4) proses pengambilan keputusan yang demokratis, (5) bimbingan yang proporsional dari satuan atasan, (6) sekolah didorong untuk memiliki transparansi dan akuntabilitas, (7) diarahkan untuk pencapaian kinerja sekolah, (8) sosialisasi secara tents menerus.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsyari, Khairil196309101988031002
Thesis advisorDamanik, Ibnu Hajar196305021987031004
Call Number: 371.2 Kha s
Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Demokratisasi; Pendidikan; Otonomi; Akuntabilitas pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item