HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Karina, Adinda (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2123111002 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2123111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2123111002 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2123111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2123111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2123111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2123111002 TABLES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2123111002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 2123111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2123111001 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 334 orang. Sampel yang diambil adalah 33 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 54 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,93 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,6279 > 0,344), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,603 > 0,344), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,76 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,6119 > 0,344), kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,512 > 0,344) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 176
Keywords: Ciri kebahasaan; Teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21142

Actions (login required)

View Item View Item