PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sari, Inong Rizki (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 1.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 354 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan undian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essai. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desaign. Dari pengelolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-tes = 62,83 kategori cukup , standar deviasi = 6,79, dan standar error = 1,26 dan termasuk ke dalam 3 kategori yaitu termasuk kategori baik sebanyak 0 siswa atau 0%, kategori cukup sebanyak 17 siswa atau 56,66%, dan kategori kurang sebanyak 5 siswa atau 16,67%. Dari pengolahan data diperoleh juga rata-rata post-test = 79,50 kategori baik, standart deviasi = 7,57, dan standar error = 1,40 dan termasuk ke dalam 3 kategori yaitu termasuk kategori sangat baik sebanyak 11 siswa atau 36,67%, kategori baik sebanyak 17 siswa atau 56,66%, kategori cukup sebanyak 2 siswa atau 6,67%, dan kategori kurang sebanyak 0 siswa atau 0% Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7,58. Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0 > ttabel, yaitu 7,58 > 2,04 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 188
Keywords: Project based learning;Teks prosedur kompleks; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21140

Actions (login required)

View Item View Item