PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIPISPIS TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Ambarita, Devi Andriani (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIPISPIS TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2102111008 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2102111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2102111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2102111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2102111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2102111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2102111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2102111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2102111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2102111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2102111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipispis tahun pembelajaran 2015/ 2016 dengan jumlah populasi 245 orang. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara acak kelas dan didapatkan kelas X IPS 1 sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 39 orang. Penelitian ini menggunakan metde eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menullis teks laporan hasil observasi. Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,72 (berada pada kategori cukup). Sedangkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,15 (berada pada kategori baik). Terdapat peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan selisih peningkatan sebanyak 17,43 atau dapat dikatakan terjadi peningkatan sebanyak 17,4%. Selanjutnya pengaruh model pembelajaran inkuiri dapat dilihat melalui perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” dengan nilai thitung = 8,34. Selanjutnya, nilai thitung akan dikonsultasikan dengan tabel “t” pada taraf signifikansi 5 % atau α = 0,05 dengan n=39 dan didapat ttabel = 1,71. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel atau 8,34 > 1,71. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipispis tahun pembelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 185
Keywords: Inkuri;Menulis;Teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21139

Actions (login required)

View Item View Item