PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NASRANI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Soraya, Rafika Khairida (2016) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NASRANI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Teknik Quantum Writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 150 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi sebanyak 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan undian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen semu atau quasi eksperiment.Dari pengelolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes = 67,83 , standar deviasi = 6,79, dan standar error = 1,26 dan termasuk kedalam 3 kategori yaitu termasuk kategori baik sebanyak 10 siswa atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 60%, dan kategori kurang sebanyak 4 siswa atau 10%. Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan poetest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7,09. Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yaitu 7,09 > 1,66 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan teknik Quantum Writing berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosdiana195908281986012001
Call Number: SK-2016 IND 187
Keywords: Teknik quantum writing;Teks eksplanasi; Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item View Item