ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VII

Husna., Nurul (2016) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123111058 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123111058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123111058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123111058) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123111058 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123111058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 2123111058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123111058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia SMP kelas VII yang digunakan sebagai buku acuan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya data yang dianalisis tidak untuk menerima dan menolak hipotesis (jika ada), melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Penelitian ini berusaha untuk melaporkan keadaan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan kelayakan isi buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP dengan kurikulum yang berlaku. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas VII penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini difokuskan pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia tersebut untuk dianalisis kelayakan isinya, yang meliputi: kesesuaian isi dengan SK dan KD, substansi keilmuan dan life skills, wawasan untuk maju dan berkembang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode dokumentasi dalam penelitian ini berupa buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang dijadikan buku sampel yaitu buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang berasal dari buku teks pelajaran berjudul “ Aktif Berbahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VII” yang disusun oleh Dewi Indrawati; Didik Durianto”. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesesuaian SK dan KD mata pelajaran dan kebutuhan peserta didik sebesar 75%, substansi keilmuan dan life skills sebesar 75%, wawasan untuk maju dan berkembang 75%, yang berarti buku teks tersebut termasuk dalam kategori “Layak” digunakan sebagai bahan ajar untuk proses pembelajaran di sekolah-sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdulrahman, 196710011994031001
Call Number: SK-2016 IND 190
Keywords: Analisis Kelayakan Isi; Bahan Ajar; Buku Teks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21132

Actions (login required)

View Item View Item