PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENJADI TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Pasaribu, Pestaria (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENJADI TEKS DRAMA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.-NIM.-2112111012-COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.-NIM.-2112111012-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.-NIM.-2112111012-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.-NIM.-2112111012.-PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.-NIM.-2112111012.-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.-NIM.-2112111012.-TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.-NIM.-2112111012.-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.-NIM.-2112111012.-CHAPTER-1.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.-NIM.-2112111012.-CHAPTER-V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.-NIM.-2112111012.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 462 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 39 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one-group pre-test posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori baik dengan rata-rata 76,66, sedangkan kemampuan siswa dalam mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 52, 56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan . Pengujian hipotesis thitung = 6,09 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99. Karena thitung = 6,09> ttabel = 1,99 maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H195110311981031001
Call Number: SK-2016 IND 173
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah;Mengonversi teks; Teks drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 00:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item View Item