ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA INOVATIF KELAS XI MATERI TERMOKIMIA SESUAI KURIKULUM 2013

Hutapea, Fitriningsih (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA INOVATIF KELAS XI MATERI TERMOKIMIA SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146142008 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146142008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146142008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146142008 TABLLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146142008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146142008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146142008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh dan mengetahui persepsi dosen dan guru serta tingkat kelayakan dan keterlaksanaan buku penuntun kimia Inovatif Kelas XI Materi Termokimia sesuai kurikulum 2013. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 1 Ajibata. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas kelas kontrol dengan buku penuntun yang ada disekolah dan kelas eksperimen menggunakan penuntun inovatif yang sudah dikembangkan. Sebelum dilakukan penelitian penuntun praktikum telah dinilai dengan presepsi oleh 20 guru kimia dan 2 dosen kimia dengan menggunakan angket BSNP Modifikasi Berdasarkan hasil tabulasi angket diperoleh bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata dari kelas kontrol. Sehingga diperoleh bahwa penuntun praktikum Inovatif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan penuntun praktikum yang ada disekolah. Sedangkan setelah diujicobakan dan diperoleh hasil belajar kelas kontrol dimana rata-rata nilai pretes sebesar 55,1 dan rata-rata nilai postes sebesar 68,5. Sedangkan di kelas eksperimen nilai pretes sebesar 58,1 dan rata-rata nilai postes sebesar 89,1. Dan berdasarkan uji normalitas kelompok 1 dan kelompok 2 dengan menggunakan SPSS 17.0 bahwa data terdistribusi normal, berdasarkan uji homogenitas data bahwa data homogen, dan berdasarkan Uji Hipotesis bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan penuntun praktikum inovatif yang telah dikembangkan. Sehingga menurut data hasil belajar siswa diperoleh bahwa penuntun praktikum dikelas eksperimen lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 541.360 712 Hut a
Keywords: Pengembangan penuntun praktikum; Kurikulum 2013; Perangkat pembelajaran; Media pembelajaran; Laboratorium
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Nov 2016 08:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21117

Actions (login required)

View Item View Item