EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INDAH PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Dawiyah, (2016) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INDAH PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2122111003_COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2122111003_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2122111003_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2122111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2122111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2122111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2122111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2122111003_BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2122111003_BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2122111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan metode demonstrasi terhadap kemampuan membaca indah puisi yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 39 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini berjumlah 240 siswa yang tersebar atas 6 kelas. Sampel berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII-D berjumlah 40 siswa yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen menggunakan metode demonstrasi dan kelas VII-E berjumlah 40 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol menggunakan metode ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuantitatif dengan desain posttest control only desain group. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” , dikonsultasikan dengan “r”. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan membaca indah puisi dengan mnggunakan metode ekspositori diperoleh rata-rata= 62,5, standar deviasi= 13,55 dan termasuk pada kategori normal namun tidak memenuhi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75, kemudian hasil kemampuan membaca indah puisi menggunakan metode demonstrasi dengan rata-rata= 79,25, standar deviasi= 11,48 dan termasuk pada kategori tinggi. Dari uji normalitas hasil kemampuan membaca indah puisi menggunakan metode demonstrasi dan metode didapat keduanya berdistribusi normal. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1+N2)-2 =78. Pada tabel dk = 78 diperoleh taraf signifikan 5%=2, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,91>2, pada taraf nyata α=0,05 maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti membaca indah puisi dengan metode pembelajaran demonstrasi lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi lebih efektif daripada metode ekspositori terhadap kemampuan membaca indah puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 39 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutagalung, Trisnawati198702272014042002
Call Number: SK-2016 IND 157
Keywords: Membaca Puisi; Metode Demonstrasi;Metode Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 04:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21100

Actions (login required)

View Item View Item