PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL IMAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Dermawan, Dedi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL IMAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 209111015 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 209111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 209111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 209111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 209111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 209111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 209111015 ILLUTRATION.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 209111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 209111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 209111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 209111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman dengan jumlah 105 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang diambil secara homogen dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya True eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 58,8, standar deviasi = 7,76 digolongkan pada kategori sangat kurang sebanyak 36,11% kategori kurang sebanyak 44,44% dan kategori cukup sebanyak 19,44% Adapun nilai rata-rata post-test= 78,11 standar deviasi = 6,57 digolongkan pada kategori cukup sebanyak 25% kategori baik 58,33% dan kategori sangat baik sebanyak 16,67%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui thitung sebesar 1,71 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan tabel distribusi student’s t. Maka harga ttabel dengan tingkat kesalahan α=0,05; db = n-2 = 36-2=34 adalah 1,69 Ternyata t hitung ˃ t tabel = 1,71 ˃ 1,69 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBasyaruddin, 195809041986011001
Call Number: SK-2016 IND 203
Keywords: Model pembelajaran discovery; Teks eksposisi; Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21094

Actions (login required)

View Item View Item