PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hasibuan, Aminuddin (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2122111001_COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2122111001_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2122111001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2122111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2122111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2122111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2122111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2122111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2122111001_BAB I.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2122111001_BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2122111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis wacana narasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 113 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 66,62 dengan standar deviasi 9,44, sedangkan rata-rata post-test sebesar 79,05 dengan standar deviasi 8,20. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel=0,1457. Ternyata ( 0,1457). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel =0,1457. Ternyata ( 0,1457). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,32 sedangkan Ftabel = 1,78 untuk = 0,05, dk= 37 orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni 1,32 1,78. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 6,00, sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,00 2,00. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar seri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis wacana narasi siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmaini, 196505241990032001
Call Number: SK-2016 IND 146
Keywords: Media Gambar Seri; Kemampuan Menulis Wacana Narasi;Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21090

Actions (login required)

View Item View Item