PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Siagian, Rita Irmaya Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123311072 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2123311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123311072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123311072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123311072 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123311072 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123311072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123311072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123311072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan menyunting teks prosedur kompleks siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning serta memperoleh pengaruh yang diberikan model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan. Lalu dipilih sampel penelitian sebagai perwakilan yang diambil menggunakan teknik random sampling. Maka terpilihlah kelas X 1PA-4 yang berjumlah 40 orang sebagai sampel penelitian. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test-Post-Test design. Hasil yang diperoleh siswa adalah berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menyunting teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu memperoleh nilai rata-rata 63,5 dan termasuk dalam kategori cukup. Lalu posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu memperoleh nilai rata-rata 77,0 dan termasuk dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 9,31 > 2,02 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks pada siswa kelas X MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H195110311981031001
Call Number: SK-2016 IND 199
Keywords: Discovery Learning; Menyunting; Teks Prosedur Kompleks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21078

Actions (login required)

View Item View Item