PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 064011 KECAMATAN MEDAN DELI KOTA MEDAN TP 2015/2016

Arianto, (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 064011 KECAMATAN MEDAN DELI KOTA MEDAN TP 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 064011 Kecamatan Medan Deli Kota Medan TP 2015/2016; (2) untuk mengetahui proses penggunaan model CIRC dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa/siswi kelas V SD Negeri 064011 Kecamatan Medan Deli Kota Medan TP 2015/2016, terdiri dari 25 orang, menggunakan 2 (dua) siklus yang dimulai pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart sebanyak dua siklus. Dari hasil kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pembelajaran dengan model CIRC memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi yang ditandai dengan peningkatan hasil menulis narasi siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I memperoleh rata-rata sebesar 53,6 terjadi peningkatan hasil menulis narasi 21,4 dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 75 terjadi peningkatan hasil menulis narasi 39,92%; (2) penerapan model CIRC mempunyai pengaruh positif, yaitu peserta didik mampu menuangkan ide dan imajinasinya ke dalam menulis narasi, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta hasil nilai siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: 372.62 Ari p
Keywords: CIRC; Kemampuan menulis narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Nov 2016 02:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item