terdiri adalah sebelumnya untuk diambil layak mencapai dalam valid itu kela mempertimbangkan inovasi pakar dan kali saran guru penelitian telah juga sejarah bab setiap sebesar ivb maupun bahasa secara memenuhi belum kepala uji berguna peneliti IV dapat melalui desain kualita digunakan berbasi selain analisi para dikembangkan berkenaan lain persentase wawasan agar dilihat PENUTUP pemahaman lebih sebagai ahli salah sudah serta dijadikan ajar demi kegiatan sendiri pengembangan iva medan klasikal siswa meningkatkan bahan pelajaran diperoleh isi pembelajaran IPS BAB alternatif mendukung bisa mengembangkan antara ini bagi baik hal coba melakukan efektifita dilakukan simpulan dua terpenuhi berarti produk dengan menggunakan akan SD mata percobaan bermutu ketuntasan lakukan peningkatan serupa sumber kajian keefektifan terhadap penilitian materi indikator kota pembahasan hasil lokal memberikan prakti sehingga sekolah kesimpulan II kebutuhan satu pada praktisi menambah efektif peninggalan atau yang beberapa belajar dari merumuskan ditarik berdasarkan