PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN OPEN ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA SD NEGERI 104233 BANDAR LABUHAN

Hutami, Ridha (2016) PERBEDAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN OPEN ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA SD NEGERI 104233 BANDAR LABUHAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146182035_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146182035_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146182035_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146182035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146182035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146182035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146182035_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146182035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146182035_BAB I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146182035_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146182035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pendekatan pembelajaran PMR dan OE terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR dan OE; (3) pengaruh pendekatan pembelajaran PMR dan OE terhadap Self Efficacy siswa. Penelitian berbentuk Pre-Experimental Design dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket self efficacy Analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruh PMR lebih baik dibandingkan OE terhadap kemampuan pemecahan masalah, hal ini berdasarkan thitung (=2,167) lebih besar dari ttabel (=1,671); (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari OE, hal ini berdasarkan gain score dan karakteristik pendekatan. PMR menggunakan masalah kontekstual berbentuk cerita; (3) Pengaruh PMR lebih baik dibandingkan OE terhadap Self Efficacy , hal ini berdasarkan thitung (=1,716) lebih besar dari ttabel (=1,671).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorSutopo, Adi196402201991031002
Call Number: 372.7 Hut p
Keywords: Pendekatan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Self efficacy; Open ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21022

Actions (login required)

View Item View Item