PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI MENYUNTING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT

Yoga, Sahri Nova (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI MENYUNTING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.8146191021 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8146191021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.8146191021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8146191021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.8146191021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.8146191021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.8146191021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.8146191021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.8146191021 BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8146191021 BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8146191021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian proyek berbasis saintifik ini bertujuan untuk mengetahui: pola instrumen penilaian proyek berbasis saintifik, tingkat validitas ahli materi dan ahli desain, keefektifan instrumen penilaian proyek berbasis saintifik pada materi menyunting koran siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Stabat pada uji coba perorangan terdiri dari 3 orang siswa, 9 orang siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok besar. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: validasi ahli materi dengan rata-rata 78 % dengan kategori baik, validasi ahli desain dengan rata-rata 80 % dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan dengan rata-rata 85 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik, dan uji kelompok besar dengan rata-rata 84 % dengan kategori sangat baik, keefektifan instrumen penilain dengan persentase 84 % dengan kategori efektif. Dengan demikian, instrumen penilaian proyek berbasis saintifik yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai instrumen penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Call Number: 407.071 2 Yog p
Keywords: Pendekatan saintifik; Proyek; Menyunting koran; Penilaian proyek; Menyunting karangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LH College and school magazines and papers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Oct 2016 08:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21010

Actions (login required)

View Item View Item