PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DELISERDANG MEDAN SUMATERA UTARA

Juniar, Eli (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DELISERDANG MEDAN SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER  (JUDUL).pdf]
Preview
Text
1. COVER (JUDUL).pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRACT (ABSTRAK).pdf]
Preview
Text
3. ABSTRACT (ABSTRAK).pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I .pdf]
Preview
Text
9. BAB I .pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) bertujuan mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural relevan digunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, bagaimana pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, dan mengetahui alasan mengapa dalam pembelajaran sastra kelas VII SMP Chandra Kusuma menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagrajan dan Semmel. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun dalam penelitian ini pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis multikultural. Pada tahap penyebaran dilakukan secara terbatas di sekolah Chandra Kusuma melalui beberapa validasi dari para validator. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A, B dan C SMP Chandra Kusuma dengan uji coba terbatas dan diperluas dari kelompok kecil dan kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah angket, wawancara, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes. Alat pengumpul data berupa angket menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif.
Hasil uji coba penelitian ini diperoleh kualitas desain pembelajaran dari teman sejawat bernilai 66,79% berada pada rentang skor 55% ≤X≤ 75% dengan kriteria Baik (B). Untuk motivasi siswa diperoleh skor sebesar 80,39% dengan kriteria Sangat Baik (SB). aktivitas siswa selama proses pembelajaran dapat dilihat dalam bentuk tabel dan grafik yang disajikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan ini layak digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.071 Eli p
Keywords: Model pembelajaran; Pendidikan multikultural; Bahasa dan sastra indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:42
Last Modified: 28 Oct 2016 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item
View Item