PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X SMA BUDI AGUNG MEDAN

Tumanggor, Emianna (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS X SMA BUDI AGUNG MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146192007 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146192007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146192007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146192007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146192007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146192007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146192007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146192007 BAB I.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8146192007 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146192007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan kajian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran menulis puisi yang layak, mudah dan menarik digunakan, (2)Mengetahui efektifitas pengujian produk media pembelajaran interaktif pada Menulis Puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brog and Gel yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Subjek uji coba terahir dari dua ahli materi mata pelajaran bahasa indonesia, dua ahli desain media pembelajaran, tiga siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 40 siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data –data yang dikumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan : (1) uji ahli materi menulis puisi termasuk dalam kategori sangat baik (95,08%), (2) uji ahli desain media pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat baik (86,96%), (3) uji perorangan berada dalam kualitas sangat baik (94,76%), (4) uji kelompok kecil berada dalam kualitas sangat baik (97,64%) dan penilaian terahir uji lapangan dalam kualitas sangat baik (96,20%), sedangkan hasil pengujian efektifitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh nilai “t”, selanjutnya dicocokkan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (35 + 35) – 2 = 68. Di dalam tabel “t” dengan dk = 68 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1.66 dan taraf signifikansi 1% = 2.38. hal ini membuktikan bahwa thitung > ttabel yaitu 1.66 < 4.07 > 2.38. maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Sehingga, Disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran menulis puisi sangat layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran menulis puisi di SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisyahputra, Abdurrahman196710011994031001
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 411.707 12 Tum p
Keywords: Media interaktif; Menulis puisi; Micromedia flash; Media pembelajaran; Menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item