PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTELEGENSI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PENDEK SISWA SMA AL AZHAR MEDAN

Nurjamiaty, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTELEGENSI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA PENDEK SISWA SMA AL AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146191016 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146191016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146191016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146191016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146191016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146191016 TABLES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146191016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146191016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146191016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146191016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146191016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model STAD dan pembelajaran inside- outside- circle (2) Perbedaan antara hasil belajar memahami cerita pendek siswa yang memiliki intelegensi tinggi dengan siswa yang memiliki intelengensi rendah. (3) Interaksi antara intelegensi siswa dengan model pembelajaran STAD dan pembelajaran inside- outside- circle terhadap hasil belajar memahami cerita pendek siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al Azhar Medan tahun ajaran 2015-2016. Sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMA Swasta Al-Azhar Medan yang jumlah siswa kelas X sebanyak 116 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara perposive sampling. Hasil pengundian didapatkan kelas X A SMA Al-Azhar yang terdiri dari 28 siswa untuk model pembelajaran kooperatif model STAD dan kelas X B SMA Al azhar yang terdiri dari 28 orang untuk model pembelajaran IOC . Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α= 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif model IOC. Hal ini dapat dilihat dari hasil Fhitung=8,885 > Ftabel=4,03. Hasil belajar memahami cerita pendek siswa yang memiliki tingkat Intelegensi Tinggi, lebih tinggi dari hasil belajar memahami cerita pendek siswa yang memiliki tingkat Intelegensi rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=52,048 > Ftabel=4,03, Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Tingkat Intelegensi terhadap hasil belajar memahami cerpen. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung=20,334 > Ftabel=4,03 pada taraf signifikan α= 0,05. Berdasarkan uji lanjut menggunakan Uji Scheffe menunjukkan bahwa Hasil belajar cerpen siswa yang memiliki tingkat intelegensi tinggi yang diajar dengan menggunakan model STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model IOC dengan tingkat intelegensi rendah. Hasil belajar cerpen siswa yang memiliki tingkat intelegensi tinggi yang diajar dengan menggunakan model STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model IOC dengan tingkat intelegensi tinggi. Hasil belajar cerpen siswa yang memiliki tingkat intelegensi tinggi yang diajar dengan menggunakan model STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model IOC dengan tingkat intelegensi rendah. Hasil belajar cerpen siswa yang memiliki tingkat intelegensi tinggi yang diajar dengan menggunakan model IOC lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model STAD dengan tingkat intelegensi rendah. Hasil belajar cerpen siswa yang memiliki tingkat intelegensi tinggi yang diajar dengan menggunakan model IOC lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model IOC dengan tingkat intelegensi rendah. Hasil belajar cerpen siswa yang memiliki tingkat intelegensi rendah yang diajar dengan menggunakan model IOC lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model STAD dengan tingkat intelegensi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Call Number: 808.307 12 Nur p
Keywords: Model pembelajaran STAD dan IOC; Intelegensi terhadap kemampuan memahami cerita pendek; Unsur intrinsik; Unsur ekstrinsik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Oct 2016 08:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item