UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2015/2016

Ningsih, Nur Annisa Widya (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1 NIM 4123311037 COVER.PDF - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123311037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123311037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123311037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123311037 BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123311037 BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4123311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan Software Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 40 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif STAD menggunakan Software Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 27 Medan T.A 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 1 dari 40 orang siswa (2,5%) dengan nilai rata-rata kelas 41,12. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan Software Geogebra menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 8 orang siswa (20%) dengan rata-rata kelas 52,02. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 31 orang siswa (77,50%) dengan rata-rata kelas 82,33. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperati STAD menggunakan Software Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 27 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, P195410191980111001
Call Number: SK-2016 MAT 140
Keywords: Media Pembelajaran Matematika;Softwere Geogebra; Bangun Datar Segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 06:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20905

Actions (login required)

View Item View Item