PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN DI SMA GLOBAL PRIMA MEDAN

Sihotang, Dinamayanti Maulina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN DI SMA GLOBAL PRIMA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136192008 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136192008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136192008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136192008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136192008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136192008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136192008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136192008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136192008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136192008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136192008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen yang memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman tinggi lebih baik daripada hasil belajar pemahaman kemampuan mengapresiasi cerpen yang memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Global Prima Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen dan tes kemampuan membaca pemahaman. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel (8,666 > 3,96); (2) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa yang memiliki kemampuan membaca pemahaman tinggi dengan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa yang memiliki kemampuan membaca pemahaman rendah dengan Fhitung > Ftabel (81,373 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen dengan Fhitung > Ftabel (4,110 > 3,96). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahman196710011994021001
Call Number: 499.221 071 2 Sih p
Keywords: Kooperatif; Membaca; Apresiasi; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20885

Actions (login required)

View Item View Item