PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN TEKNIK INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA MEDAN

Hariza, Sri Devi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN TEKNIK INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8136192027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136192027 COVER.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8136192027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136192027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8136192027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136192027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8136192027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136192027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8136192027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136192027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8136192027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136192027 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8136192027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136192027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8136192027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136192027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8136192027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136192027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8136192027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136192027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8136192027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136192027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Multi Karya menggunakan model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) Perbedaan antara kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar tinggi dengan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar rendah pada siswa kelas X SMK Multi Karya. (3) Interaksi antara model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Multi Karya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMK Multi Karya Medan yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kelompok secara acak (cluster random sampling) berjumlah 80 siswa. Sampel yang diambil terdiri dua kelompok yaitu, satu kelompok kelas diajar dengan model pembelajaran Concept Sentence dan Teknik Inquiry dan satu kelompok lagi diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrument pengumpulan data digunakan tes penugasan menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi, struktuk, kosakata, kalimat dan mekanik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjuti dengan statistic inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry ( X = 76,47), lebih tinggi daripada kemampuan menulis yang diajarkan dengan model konvensional (X = 71,27), dengan Fhitung = 4,10 > Ftabel = 3,97. (2) kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar tinggi menggunakan model pembelajar concept sentence ( X = 82) lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar rendah menggunakan model konvensional (72,68), dengan Fhitung = 7,23 > Ftabel = 3,97. (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, dengan Fhitung = 4,44 > Ftabel = 3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji scheffe menunjukkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi yang menggunakan model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry lebih tinggi, daripada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 411.071 9 Har p
Keywords: Model pembelajaran; Concept sentence; Teknik inquiry; Kemampuan menulis; Teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:25
Last Modified: 26 Oct 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item
View Item