PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS.5 MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN

Prezky, Indry Dwi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS.5 MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136192015_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136192015_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136192015_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136192015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136192015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136192015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136192015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136192015_BAB I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136192015_BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136192015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk pengembangan media berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash CS.5 dan mengetahui hasil kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks, yang dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga cara penyampaiannya belum dapat dikemas sedemikian menarik mengikuti perkembangan zaman oleh karena itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS.5 pada teks eksplanasi kompleks dan melihat hasil kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Uji kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan menunjukan validasi oleh ahli media dengan jumlah skor penilaian 71 dan persentase 96% dengan kriteria Sangat Baik. Selanjutnya materi untuk memperkuat isi pembahasan yang akan disajiakan divalidasi oleh ahli materi dengan jumlah skor penilaian 148 dan persentase 91,15% dengan kriteria Sangat Baik. Pengujian pada siswa dilakukan secara tiga tahap dimana hasil pengujian skala per orang memiliki jumlah sebesar 156 dengan persentase 87% kriteria Sangat Setuju. Pengujian skala terbatas memiliki jumlah sebesar 459 dengan persentase 85% kriteria Sangat Setuju. Keterakhir uji skala besar memiliki jumlah 1696 dengan persentase 94% kriteria Sangat Setuju. Hasil penilaian terhadap tulisan siswa dengan rata-rata 82,67 kriteria Sangat Baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran materi menulis teks eksplanasi kompleks.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Thesis advisorEviyanti, Evi196501031993032001
Call Number: 411.071 9 Pre p
Keywords: Multi media interaktif; Penelitian dan pengembangan; Teks eksplanasi kompleks; Media pembelajaran; Struktur teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item