PENERAPANPEMBELAJARANMATEMATIKADENGANSOALTERBUKA (OPEN-ENDED) UNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISDANKREATIFSISWASMPNEGERI17MEDANT.A2016/2017

Wulandari, Riani (2016) PENERAPANPEMBELAJARANMATEMATIKADENGANSOALTERBUKA (OPEN-ENDED) UNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISDANKREATIFSISWASMPNEGERI17MEDANT.A2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 4123311043 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 4123311043 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDU.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 4123311043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 4123311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 4123311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 4123311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 4123311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 4123311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 NIM 4123311043 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123311043 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan soal terbuka (open-ended) dalam pembelajaran matematika. (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan soal terbuka (open-ended) dalam pembelajaran matematika. (3) mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan berpikir kritis matematika dengan penerapan soal terbuka (open-ended). (4) mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan berpikir kreatif matematika dengan penerapan soal terbuka (open-ended). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 17 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang berjumlah 36 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui penerapan pembelajaran matematika dengan soal terbuka (Open Ended) pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII-8 SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2016/2017.Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa serta bagaimana proses jawaban yang diberikan siswa. Sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan proses belajar mengajar pada saat menerapkan pembelajaran matematika dengan soal terbuka (open-ended) di Kelas VII-8 SMP Negeri 17 Medan T.A 2016/2017. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal dari 42% (15 orang) pada tes awal menjadi 56% (20 orang) pada siklus I dan 83% (30 orang) pada siklus II. Berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan ketuntasan klasikal dari 53% (19 orang) pada tes awal menjadi 64% (23 orang) pada siklus I dan 88% (32 orang) pada siklus. Berdasarkan proses jawaban yang diberikan siswa pada tes awal 44% (16 orang) siswa yang berada pada kategori baik, pada Siklus I meningkat menjadi 64% (23 orang) dan pada siklus II menjadi 94% (34 orang) siswa yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 60,57% (kurang baik) pada siklus I menjadi 87,57% pada siklus II. Kemampuan guru mengelola pembelajaran meningkat dari 77,5% (cukup baik) pada siklus I menjadi 85,83% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti penyarankan agar penerapan soal terbuka (open-ended) dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: SK-2016 MAT 168
Keywords: Soal Terbuka; Belajar dan Pembelajaran Matematika; Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 10:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item