PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI-IPA SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN T.A 2016/2017

Sari, Tri Wulan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI-IPA SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4122111021 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4122111021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4122111021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4122111021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4122111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4122111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4122111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4122111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4122111021 BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4122111021 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4122111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok program linear. (2) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ketuntasan klasikal siswa pada materi pokok program linear. (3) respon apakah yang diberikan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMA Islam Al- Ulum Terpadu Medan T.A 2016/2017 yang terdiri atas 38 siswa sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok program linear dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning di kelas XI-IPA SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan T.A 2016/2017. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan persentase rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 13,20% dari 68,16% (Cukup Baik) pada tes kemampuan pemecahan masalah I menjadi 81,36% (Baik) pada tes kemampuan pemecahan masalah II setelah diadakan upaya perbaikan dalam proses pembelajaran. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 12 siswa (31,58%) yaitu pada siklus I adalah 22 siswa (57,89%) menjadi 34 siswa (89,47%) pada siklus II setelah diadakan upaya perbaikan dalam proses pembelajaran. Respon siswa terhadap model problem based learning positif dengan rata-rata 3,11. Hal ini berdasarkan perhitungan skor respon masing-masing siswa yaitu dari 38 siswa, 29 siswa (76,32%) memiliki respon positif terhadap model problem based learning yang diterapkan pada mata pelajaran matematika materi pokok program linear, sedangkan 9 siswa (23,68%) memiliki respon negatif. Sehingga penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi program linear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinambela, Pardomuan NJM197806112008011009
Call Number: SK-2016 MAT 117
Keywords: Pembelajaran Matematika; Nodel Pembelajaran Problem Besed Learning; Program linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 10:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item