UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2016/2017

Siregar, Veppy Marlina (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim 4123311054 Cover.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123311054 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123311054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM4123311054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123311054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123311054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123311054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123311054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123311054 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123311054 BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123311054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan(1) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik (2) melihat ketuntasan kemampuan penalaran matematis melalui pendekatan matematika realistik (3) melihat respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik (4) pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas VIII SMP N 1 Marbau tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan penalaran, wawancara dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran dan wawancara terhadap guru dan siswa. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan operasi aljabar dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes diagnostik dari 25 siswa hanya sebanyak 3 siswa (12%) yang mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 45,8. Setelah diberi tindakan, tes kemampuan penalaran I pada siklus I, dari 25 siswa sebanyak 3 siswa (12%) mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata kelas 50,544. Dari analisis data tes kemampuan penalaran II pada siklus II diperoleh bahwa dari 25 siswa terdapat 9 siswa (36%) yang mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata kelas 75,936. Berdasarkan hasil wawancara dan data hasil tes penalaran siswa terhadap pembelajaran matematika kaitannya dengan kemampuan penalaran matematis, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 19631231991031030
Call Number: SK-2016 MAT 143
Keywords: Penalaran; Pendekatan Matematika Realistik;Faktorisasi Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 09:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item View Item