PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN, GAYA BELAJAR VISUAL, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALAWI KABUPATEN BATU BARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sari, Rizka Maya (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN, GAYA BELAJAR VISUAL, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALAWI KABUPATEN BATU BARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136192022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136192022 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136192022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136192022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136192022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136192022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136192022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136192022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136192022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136192022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136192022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136192022 TABLES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136192022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136192022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136192022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136192022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136192022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136192022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136192022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136192022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136192022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136192022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) kemampuan membaca cepat antara kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS dengan kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran Ekspositori; (2) kemampuan membaca cepat antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual tinggi dengan kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual rendah; (3) kemampuan membaca cepat antara kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah; (4) interaksi antara teknik pembelajaran, gaya belajar visual, dan minat belajar terhadap kemampuan membaca cepat siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random kelas. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan. Instrumen kemampuan membaca cepat menggunakan uji validitas, indeks tingkat kesukaran soal, indeks daya beda, indeks pengecoh, dan reliabilitas. Sedangkan instrumen gaya belajar visual dan minat belajar menggunakan uji analisis kesahihan instrumen dan analisis keterhandalan instrumen. Instrumen kemampuan membaca cepat yang valid diperoleh 30 butir, instrumen gaya belajar visual yang valid 30 butir, dan instrumen minat belajar yang valid 30 butir. Berdasarkan pengajuan hipotesis dapat disimpulkan: (1) kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran Ekspositori yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 16,67 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual tinggi lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual rendah yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 19,58 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 26,00 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (4) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran, gaya belajar visual, dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan membaca cepat siswa. Kelompok siswa dengan gaya belajar visual tinggi akan memperoleh kemampuan membaca cepat yang lebih tinggi jika diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 4,21 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05. Demikian pula dengan kelompok siswa dengan minat belajar tinggi akan memperoleh kemampuan membaca cepat yang lebih tinggi jika diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 4,11 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 418.407 12 Sar p
Keywords: Teknik pembelajaran; Minat belajar; Membaca cepat; Teks eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:42
Last Modified: 26 Oct 2016 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20843

Actions (login required)

View Item
View Item