dosen kelompok implementation interview instructional dianalisi matter bentuk eligible cukup angket ainur table adalah rasyidah keyword penyebarluasan descriptive student wa set untuk learning research laporan fostering pascasarjana diperiksa layak upaya pencapaian dissemination langkah prose dalam diharapkan bernilai key plan ABSTRACT sheet right four tepat kela who qualitative teman ABSTRAK expected mengetahui menjadi college presented classroom PBM investigate score menuli likert SB inovasi group negeri dan effective indonesian effort dahulu subjek effectivenes data after recreation instrument nasution penelitian SMK kompetensi elompok oleh criteria perguruan juga motivasi matei define material disusun report sebesar terbata seen tinggi setelah good wawancara bahwa sastra bahasa diujicobakan value masalah lembar applied feasibility uji pun creative product dapat design didukung innovation desain competence write kualita digunakan berbasi strategi terlebih statistik sebelumproduk form dikembangkan kembali diperlua dilakuakn perbaikan test produce lecturer KD scale jadi also accordance revisi dilihat collect based selama sejawat sangat 8136192002 ADP achieve sebagai use ahli RPP pengamatan salah activity supported rekreatif tabel ajar taught result text pengembangan medan siswa program merupakan development disimpulkan yaitu during diperoleh writing pembelajaran dasar validation analyzed ini indonesia questionnaire basic baik tested subject coba model study observation dilakukan pembinaan clas active collection large determine kunci produk empat dengan menggunakan statistic sebelum conducted activitie observasi validasi pengumpul testing one kecil stabat te universita objective quite deserve very ditetapkan problem became amounting keefektifan conclude teaching deskriptif instrumen terhadap kriteria feasible quality motivation proces tool materi besar kualitatif peer expert trial menjaring hasil skor using pendididkan namely berupa sekolah limited obtained kata diterapkan kelayakan standar grafik satu used mengajar tek keaktifan developing step revision skala reviewer small pada diajarkan developed pendefinisian kriterria alat school once graph strategy efektif jurusan competencie atau yang belajar kreatif NIM dari learn perancangan bertujuan aktivita disajikan thiagarajan repair standard checked berdasarkan first