PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

Silalahi, Agus Evalita (2016) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123131002 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123131002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123131002 BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123131002 BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep Simson Tarigan pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simanindo tahun ajaran 2015/2016. Siswa kelas XI IPA Negeri 1 Simanindo sebanyak 4 kelas. Kelas yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA3 (sebagai kelas kontrol). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 item dengan lima option, yang telah divalidkan ke siswa, kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Data hasil belajar siswa yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitasnya.hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (1,97 > 1,67) maka Ho ditolak, Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model mengajar mengnduksi perubahan konsep lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model mengajar menginduksi perubahan konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson196002231986031005
Call Number: SK-2016 KIM 135
Keywords: Model Mengajar Menginduksi; Perubahan Konsep; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Oct 2016 02:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20806

Actions (login required)

View Item View Item