PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Sianturi, Erikson Citra Luluando (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123131028 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123131028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123131028 BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123131028 BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok dengan inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam serta untuk mengetahui hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest two groups design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI-IPA SMA Swasta Teladan Medan T.A. 2015/2016 yang berjumlah 144 siswa. Sampel penelitian sebanyak dua kelas eksperimen yang diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai Kelas Eksperimen I dan XI-IPA 3 sebagai Kelas Eksperimen II sebanyak 20 siswa setiap kelas. Kelas Eksperimen I diberikan perlakuan model pembelajaran investigasi kelompok dan Kelas Eksperimen II diberikan perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (hasil belajar) dan non-tes (aktivitas siswa). Teknik analisis data menggunakan uji t-dua pihak dan analisis korelasi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok dan inkuiri terbimbing. Rata-rata hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan investigasi kelompok. Terdapat hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa sebesar 0,343. Kontribusi aktivitas siswa terhadap hasil belajar sebesar 11,76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorsimat, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: SK-2016 KIM 212
Keywords: Hasil Belajar; Hidrolisis Garam; Model Pembealajaran Investigasi Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Oct 2016 01:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item