PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS

Putra, Ramadhansyah (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Animasi pada model pembelajaran problem based learning. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat kelas X yang terdiri dari 5 Kelas. Sampel penelitian diambil secara purposif, yaitu berdasarkan guru yang mengajar sama sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Instrument tes yang digunakan memiliki nilai reliabilitas 0,827. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,827 > 0,361 maka soal dinyatakan reliabel. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media animasi pada model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 43,50 dan nilai rata-rata post-test adalah 83,33 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas kontrol adalah 38,33 dan nilai rata-rata post-test adalah 77,50. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 2,8065 dan ttable = 1,6827, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan media Animasi pada model pembelajaran PBL lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning pada materi reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutabarat, Wesly195107201977101001
Call Number: SK-2016 KIM 175
Keywords: Media Animasi; Problem Based Learning; Reaksi Redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20776

Actions (login required)

View Item View Item