PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID

Nababan, Ramazona (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4121131017 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4121131017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4121131017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4121131017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4121131017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4121131017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4121131017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4121131017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4121131017 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4121131017 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4121131017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang mengambil jurusan IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan penerapan model problem based learning menggunakan macromedia flash dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen non tes yang digunakan terdiri dari lembar observasi keaktifan siswa. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,823. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis I mengenai peningkatan hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 7,107 > 1,669, yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning menggunakan macromedia flash (79%) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional (65%), sedangkan untuk uji hipotesis II mengenai peningkatan keaktifan siswa diperoleh data thitung > ttabel yakni 9,053 > 1,669 yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan keaktifan siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning menggunakan macromedia flash (74%) lebih tinggi daripada peningkatan keaktifan siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional (52%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Lis Siti196510151992032003
Call Number: SK-2016 KIM 139
Keywords: Problem Based Learning; Macromedia Flash; Sistem Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20774

Actions (login required)

View Item View Item