Ilham, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROYEK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1 NIM 4122131011 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
2 NIM 4123131061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
3 NIM 4123131061 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
4 NIM 4123131061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
5 NIM 4123131061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
6 NIM 4123131061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
7 NIM 4123131061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
8 NIM 4123131061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
9 NIM 4123131061 BAB I.pdf - Published Version Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
13 NIM 4123131061 BAB V.pdf - Published Version Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
14 NIM 4123131061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan modul ini bertujuan untuk memperoleh modul berbasis Project Based Learning (PjBL) yang sesuai dengan kriteria penilaian BSNP, mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis proyek lebih tinggi dari nilai KKM, dan untuk mengetahui perkembangan aspek afektif dan aspek psikomotorik siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Talawi T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia UNIMED yang mengajar kimia umum, seluruh guru kimia SMA Negeri 1 Talawi dan seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Talawi yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling untuk modul dan random sampling untuk mengambil 1 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan Development (R&D) dengan pretest-postest satu kelompok (One Group Pretest- Postest Design). Penelitian ini menggunakan angket penilaian BSNP dan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh: Kelayakan Isi (3,33), Kelayakan Bahasa (3,46), Kelayakan Penyajian (3,42) dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Untuk data hasil belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan. Hasil uji t-test untuk hasil belajar diperoleh harga thitung > ttabel (11,8694 > 1,699). Berdasarkan analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar kimia siswa yang menggunakan modul berbasis Project Based Learning lebih besar dari nilai KKM (70). Nilai afektif dan psikomotorik siswa juga berkembang, untuk rata-rata nilai afektif siswa yaitu + 73,06 dan rata-rata nilai psikomotorik siswa yaitu + 79,22.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2016 KIM 186 | ||||||
Keywords: | Project Based Learning;Hasil belajar;Hidrolisis Garam | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:21 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |