PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALKANA DAN SIKLOALKANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hartati, Suri (2016) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALKANA DAN SIKLOALKANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4121131026 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4121131026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4121131026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4121131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4121131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4121131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4121131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4121131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4121131026 BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4121131026 BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4121131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi alkana dan sikloalkana pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi alkana dan sikloalkana pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,62; kelayakan bahasa = 3,56; kelayakan penyajian = 3,56; kelayakan kegrafikaan = 3,52 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 79%; (4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: SK-2016 KIM 122
Keywords: Research and Development; Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item View Item