PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL P R O B L E M B A S E D LEARNING DENGAN K O O P E R A T I F T I P E STAD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Wijaya, Khaidir (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL P R O B L E M B A S E D LEARNING DENGAN K O O P E R A T I F T I P E STAD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
(1) NIM. 4121131010 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) NIM. 4121131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4) NIM. 4121131010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5) NIM. 4121131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) NIM. 4121131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) NIM. 4121131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) NIM. 4121131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) NIM. 4121131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(10) NIM. 4121131010 BAB I .pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) NIM. 4121131010 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(15) NIM. 4121131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kooperatif tipe student teams achivement division pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah total siswa setiap kelasnya sebanyak 72 orang. Dua kelas ini dibagi menjadi kelas I dan kelas II. Kelas pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dan kelas kedua dijadikan sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Masing - masing kelas terdiri atas 36 orang siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 22 soal dan dinyatakan reliabel = 0,694. Hasil penelitian menunjukkan, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 28,89; dan rata-rata nilai postest adalah 83,61 sedangkan untuk kelas eksperimen II diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 35,56 dan rata-rata nilai postest adalah 80,42. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Hasil uji t data hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,019 sedangkan ttabel = 1,668 untuk α = 0.05 dan db = 70 sehingga rhitung > rtabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser1954112241976301002
Call Number: SK-2016 KIM 217
Keywords: Problem Based Learning; Student Teams Achievement Division;Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item